Algortma dan Pemrograman C
1. Konsep Dasar Pemrograman
Pengertian dasar program adalah
rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logika
dan sistematis. Berbagai bahasa komputer
telah diciptakan untuk membantu manusia memprogram komputer. Berdasarkan
tingkatannya dikenal beberapa tingkat bahasa pemrograman diantaranya:
a.
Bahasa Pemrograman tingkat dasar seperti: Bahasa Mesin, Bahasa Assembley.
b.
Bahasa Pemrograman tingkat tengah seperti: Bahasa C, Bahasa FORTH.
c. Bahasa Pemrograman tingkat
tinggi seperti: Bahasa Pascal, FORTRAN, COBOL, dan lain-lain.
Konsep dasar pemrograman, yaitu:
1. Originating
Berhubungan dengan pengumpulan data yang biasanya merupakan pencatatan data kedokumen dasar. Setelah dikumpulkan dilakukan proses input.
Berhubungan dengan pengumpulan data yang biasanya merupakan pencatatan data kedokumen dasar. Setelah dikumpulkan dilakukan proses input.
2. Input
Tahapan ini merupakan proses pemasukan data kedalam proses komputer.
Tahapan ini merupakan proses pemasukan data kedalam proses komputer.
3. Proses
Tahap ini merupakan proses pengolahan data dari data yang sudah diinput berupa proses menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan dan mencari di storage.
Tahap ini merupakan proses pengolahan data dari data yang sudah diinput berupa proses menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan dan mencari di storage.
4. Output
Tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output berupa informasi (monitor, speaker, dsb).
Tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output berupa informasi (monitor, speaker, dsb).
5. Distribution
Tahap ini merupakan proses penyebaran informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
Tahap ini merupakan proses penyebaran informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
6. Storage
Tahap ini merupakan perekaman hasil pengolahan data storage yang nantinya dapat dipergunakan untuk input proses selanjutnya.
Tahap ini merupakan perekaman hasil pengolahan data storage yang nantinya dapat dipergunakan untuk input proses selanjutnya.
Syarat Program yang Baik
Program yang baik haruslah
memenuhi beberapa kriteria, antara lain:
1.
Program haruslah sesuai dengan tujuan dan memenuhi spesifikasi yang telah
ditentukan.
2.
Fleksibel
3.
Tidak mengandung kesalahan
4.
Didokumentasi secara baik
5.
Cepat dalam waktu penggunaannya
6. Efesien dalam penggunaan
memori komputer
2. Data
Data adalah sekumpulan fakta/informasi atau suatu
kejadian yang kita hadapi. Atau boleh d artikan, data adalah sesuatu yang belum
mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.
Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika,
bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk
melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Menurut berbagai sumber lain, data dapat juga
didefinisikan sebagai berikut:
• Menurut kamus bahasa inggris-indonesia, data berasal
dari kata datum yang berarti fakta
• Dari sudut pandang bisnis, data bisnis adalah
deskripsi organisasi tentang sesuatu
(resources)
dan kejadian (transactions)yang terjadi
• Pengertian yang lain menyebutkan bahwa data adalah
deskripsi dari suatu kejadian yang
kita hadapi
3. Model Komputasi
Teori komputasi adalah cabang ilmu komputer
dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah
dapat dipecahkan pada model komputasi,
menggunakan algoritma. Bidang ini dibagi menjadi dua cabang: teori
komputabilitas dan teori kompleksitas, namun kedua cabang berurusan dengan
model formal komputasi.Untuk melakukan studi komputasi dengan ketat, ilmuwan komputer bekerja dengan abstraksi matematika dari komputer yang dinamakan model komputasi. Ada beberapa model yang digunakan, namun yang paling umum dipelajari adalah mesin turing
Ada tiga macam jenis model komputasi, yaitu:
a. Model Fungsional :
terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan operasi aplikasi fungsi
dan komposisi fungsi. Fungsi dapat mengambil fungsi lain sebagai argumentasi
dan mengembalikan fungsi sebagai hasil (higher-order function). Suatu program
adalah koleksi definisi fungsi-fungsi dan suatu komputasi adalah aplikasi
fungsi.
b. Model Logika : terdiri dari satu set nilai-nilai, definisi
hubungan dan kesimpulan logis. Program terdiri dari definisi hubungan dan suatu
komputasi adalah suatu bukti(suatu urutan kesimpulan).
c. Model Imperatif : terdiri dari satu set nilai-nilai yang
mencakup suatu keadaan dan operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan.
Pernyataan adalah set pasangan nilai-nama dari konstanta dan variabel. Program
terdiri dari urutan tugas dan suatu komputasi terdiri dari urutan pernyataan.
4. Prinsip Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia dan komputer
agar mudah dimengerti oleh komputer dan programnya dapat berjalan dengan baik
dengan cara kita memberikan suatu instruksi pada komputer.
Prinsip Bahasa
pemrograman adalah:
- Sintaks, menjelaskan bagaimana struktur program yang benar.
- Tipe sistem dan semantik, menunjukkan tipe nilai yang dapat dimanipulasi oleh program dan arti(semantik) dari program, mencakup juga aturan penamaan entitas (variabel,fungsi,class,parameter,dll).
- Manajemen memori, menunjuk kepada sekumpulan teknik yang membantu kita untuk memahami pemetaan letak dari nilai, struktur data, dan struktur program di dalam memori.
- Exception handling, mengenai penanganan exception (hal-hal yang tak terduga yang terjadi ketika kita menjalankan sebuah program seperti kesalahan input yang tak terduga) .
Agar
kita tidak salah langkah dalam mengajar/belajar pemrograman Derek Andrew
[Woodman, pp.255-276] memberikan rambu-rambu sebagai berikut:·
1. Kiita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman, tetapi belajar
atau mengajar bagaimana cara
memprogra.
memprogra.
2. Kita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman, tetapi
belajar atau mengajar bagaimana
memecahkan masala.
memecahkan masala.
3. Kita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman, tetapi
belajar atau mengajar bagaimana
mendesain sistem.
mendesain sistem.
4. Kita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman, tetapi
belajar atau mengajar prinsip-prinsip
bahasa pemrograma.
5. Kita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman, tetapi belajar atau mengajar teori semantik
6. Kita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman, tetapi belajar atau mengajar teori pemrograman
bahasa pemrograma.
5. Kita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman, tetapi belajar atau mengajar teori semantik
6. Kita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman, tetapi belajar atau mengajar teori pemrograman
Refrensi
http://flashnet.forumotion.com
http://humblediary.wordpress.com
http://id.wikipedia.org
http://usupress.usu.ac.id
http://mahrus.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar